UPTO HJTV: Penguatan Organisasi Berbasis Kemitraan Kreatif

Peran Bidang Humas dan Kerjasama (Bidang HK) dalam lingkup kemitraan adalah menjadi pintu informasi dari pihak luar yang ingin bermitra dengan HIMPAUDI JABAR. Termasuk, misalnya tidak terbatas pada pihak swasta yang ingin bermitra dengan pengurus HIMPAUDI daerah di wilayah kerja provinsi Jawa Barat.

Sehingga oleh bunda Kabid HK yang dengan koordinasi yanda Ketua Pengurus Wilayah (PW), pintu kemitraan itu dibuka. Kepada siapakah “pintu di bukakan” untuk PIC dari Bidang-bidang PW yang layak dan cocok sebagai pelaksana kemitraan itu, atau meneruskan kemitraan kepada PIC HK di daerah melalui PD-PD (Pengurus Daerah) HIMPAUDI.

Dari beragam kemitraan HIMPAUDI, dan badan-badan, unit-unit otonom yang dilahirkan oleh PW HIMPAUDI Provinsi Jawa Barat memerlukan penanganan kehumasan yang spesial. Penanganan itu diperluas dengan berdirinya Unit Pelaksana Teknis Organisasi Himpaudi Jabar Televisi yang disingkat UPTO HJTV dibawah komando Bidang HK PW yang melayani komunikasi dan informasi berbentuk video.

UPTO HJTV telah dilakukan Soft launching pada 15 Oktober 2020 oleh Rudiyanto, Ketua PW HIMPAUDI Jawa Barat pada acara Ulinpiade Award 2020. Motto/slogan HJTV adalah Haluan Juara dan Teladan Video. HALUAN artinya pedoman / arah / tujuan / terdepan menyediakan KONTEN VIDEO yang menginspirasi menjadi JUARA dan menjadi TELADAN antar satu sama yang lain.

Kemitraan antar bidang dan level pengurus PW dan PD HIMPAUDI di Jawa Barat, juga antara badan-badan dan unit-unit organisasi membuka peluang seluruh karya dan kinerja dapat dikemas kreatif dan ditampilkan dengan gaya baru.

Dengan demikian UPTO HJTV adalah Unit Pelaksana Teknis Organisasi dengan tanggungjawab dan kewenangan Bidang Humas dan Kerjasama Pengurus Wilayah HIMPAUDI Jawa Barat; dalam lingkup kerja pertelevisian yang diperlukan oleh bidang-bidang dan seluruh level organisasi seperti penyiaran informasi dan komunikasi, blended & live event melalui media digital serta memproduksi konten video yang dikemas secara kreatif dan profesional.

Merasakan pengalaman lebih dari pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang dilaksanakan oleh UPTO HJTV membangun citra dan penguatan keorganisasian melalui Layanan & Produksi UPTO HJTV untuk internal HIMPAUDI dan eksternal publik PAUD:

  • HJTV News
  • HJTV Live
  • HJTV Kejap
  • Blended Event & Streaming
  • Live Event Reporting
  • Studio Merak
  • Nobar Film Meraih Asa

Beberapa contoh kemitraan kreatif yang ada dilingkungan HIMPAUDI di Jawa Barat, yang melibatkan UPTO HJTV sebagai langkah penguatan organisasi diantaranya adalah:

  1. KOPAUDI JENIUS.

Sebuah lembaga BUMO (badan usaha milik organisasi) berbadan hukum koperasi yg sengaja dibuat sebagai mesin pemberdayaan ekonomi dalam upaya memberikan kesejahteraan. Oleh karena itu anggota himpaudi bergabunglah menjadi anggota KOPAUDI JENIUS agar kita bisa bertumbuh – berjamaah – barokah. Formulir pendaftaran KOPAUDI melalui link http://koperasi.himpaudijabar.or.id

  1. YAYASAN BAKTI HIMPAUDI JABAR.

YBHJ merupakan lembaga BHMO (badah hukum milik organisasi) sebagai mesin pemberdayaan sosial dan pendidikan sebagai pemberdayaan untuk memperkokoh GTK PAUD berorientasi pada kemitraan dengan masyarakat, pemerintahan dan perguruan tinggi. Menyokong Perjuangan HIMPAUDI JABAR dalam pengembangan mutu para pendidik dan skill, yang sekarang ini sedang dibangun untuk bisa berdiri kokoh: Gedung Graha Bakti Himpaudi.

  1. SOLUSI PAUD DIGITAL.

Kerjasama multi dimensi antara HIMPAUDI JABAR, KOPAUDI JENIUS dan ICANDO, menjadi kemitraan strategis yang dicanangkan oleh Bidang HK PW sebagai SOLUSI PAUD DIGITAL. Usaha untuk meningkatkan lembaga PAUD menjadi education 4.0 melalui pembelajaran digital. Dengan cara mengikuti workshop SPD Next Level, dan para guru dapat Join the club bit.ly/SPDClub

  1. FILM MERAIH ASA.

Diproduksi oleh HIMPAUDI JABAR dalam rangka advokasi perjuangan guru PAUD agar mitra yang sering berinteraksi seperti misalnya dengan IGTK, IGRA, bunda Paud, PKK, IPI dan civitas akademika serta masyarakat umum dapat memahami posisi guru PAUD serta perjuangan dikeluarganya dan dilingkungannya melalui sebuah cerita film berjudul Meraih Asa.

  1. PRASIAGA PAUD.

Kemitraan super yang digagas tahun 2018 yang telah diangkat program Prasiaga-nya secara nasional oleh kemendiknas atas prakarsa kolaborasi organisasi mitra (ormit) PAUD yaitu HIMPAUDI Jabar, IGTKI Jabar dan IGRA Jabar dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat dalam pengenalan nilai-nilai kepramukaan pada satuan PAUD berdasarkan STPPA dan kurikulum 2013 PAUD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *