Himpaudi Jabar Mewujudkan Guru Hebat dan Diberi Penghargaan Sebagai Ormit Kolaboratif

“Guru Hebat” akan dilahirkan dalam Diklat Berjenjang Tingkat Mahir LPD PW HIMPAUDI JAWA BARAT Tahun 2023 yang dibuka pada hari Sabtu, 16 Desember 2023 di Sekretariat HIMPAUDI Jabar, Jl. Merak No. 13 Kota Bandung.

Acara dibuka secara resmi oleh Widiasih Yogasara selaku Ketua PW HIMPAUDI Prov. Jawa Barat sekaligus sebagai Ketua LPD (Lembaga Penyelenggara Diklat). PW HIMPAUDI Prov. Jawa Barat menjadi salah satu dari 236 LPD yang ditunjuk oleh Kemendikbud yang tersebar di 33 provinsi.

Mengusung tema, “Melalui Diklat Berjenjang Tingkat Mahir Kita Wujudkan HIMPAUDI KUAT, Guru Hebat, Negeri Bermartabat” sejalan dengan visi-misi HIMPAUDI dan arah kebijakan HIMPAUDI JABAR KUAT.

Dalam misi disebutkan HIMPAUDI meningkatkan kapasitas pendidik melalui teknologi informasi dan meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini Indonesia. Visi HIMPAUDI adalah menjadi organisasi profesi yang bermutu dalam mewujudkan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Indonesia yang professional pada tahun 2027.

Sejalan dengan hal tersebut, arah kebijakan HIMPAUDI JABAR termaktub pada 2 butir diantara 10 KUAT HIMPAUDI JABAR. Yakni KUAT PROFESI (butir 1) yaitu pengembangan standar profesi, sertifikasi dan akreditasi, selanjutnya KUAT SDM (butir 2) yaitu peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan.

Widiasih menerangkan bahwa untuk mencapai hal tersebut, HIMPAUDI JABAR berkolaborasi dengan semua pihak guna mengadakan pelatihan dan pendidikan yang akan konsisten dilakukan.

Pelaksana Diklat, Mulatsih Sri Utami yang juga sebagai Wakil Ketua II PW HIMPAUDI Prov. Jawa Barat menyebutkan bahwa jumlah peserta yang mengikuti Diklat sebanyak 22 orang yang telah memiliki sertifikat Diklat Berjenjang Tingkat Lanjut yang berasal dari 9 kota/kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Peserta yang hadir adalah guru PAUD (TK/KB/TPA/SPS/RA), termasuk ada 1 orang berlatar belakang dari Dinas Pendidikan.

Sejumlah narasumber istimewa dari pusat dihadirkan LPD HIMPAUDI JABAR diantaranya, Ali Nugraha, Edi Suswantoro, Irma Yuliantina, Sri Wahyuningsih, dan Rachmita Soenjoyo. Diklat Berjenjang Tingkat Mahir dilaksanakan secara moda luring tersistem pada 16-19 dan 27-29 Desember 2023 dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan pendidik dalam pengelolaan pendidikan anak usia dini (PAUD), peningkatan inovasi pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran harian dan peningkatan pendidik dalam proses pembelajaran. *

Penguatan karakter generasi sama pentingnya untuk mewujudkan Guru Hebat. HIMPAUDI JABAR menyediakan media pembelajaran berupa “Kalender 2024 KUAT KARAKTER.” Media kalender untuk anak-anak peserta didik PAUD agar orang tua sama-sama belajar MENJADI GENERASI EMAS BERSAMA GURU HEBAT.

Melalui informasi dalam 6 halaman kalender 2024 tersebut, orang tua dan guru dapat belajar bersama agar membina anak-anak cerdas berkarakter; dengan penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Himpaudi Jabar KUAT. Disamping itu dalam kalender membahas anti kekerasan seksual, psikis, fisik, diskriminasi dan transisi PAUD SD serta miskonsepsi calistung. Kalender 2024 KUAT KARAKTER dapat dipesan melalui http://himpaudijabar.or.id/upto

Mendapatkan Penghargaan BAN PAUD dan PNF

Sebelumnya BADAN AKREDITASI NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN NONFORMAL PROVINSI JAWA BARAT dalam kegiatan Rapat Koordinasi Daerah Tahap 2 Tahun 2023, telah memberikan penghargaan kepada PW HIMPAUDI Prov. Jawa Barat.

Langkah-langkah yang dilakukan oleh HIMPAUDI JABAR yang berhasil mencapai target sasaran percepatan soslok akreditasi kepada kota/kabupaten di Jawa Barat. Leni Nurani, Wakil Ketua IV berkolaborasi dengan pengurus-pengurus daerah HIMPAUDI sehingga keberhasilan ini dicapai dalam waktu yang tidak begitu lama sejak MoU pada acara Rakerwil I HIMPAUDI JAWA BARAT (23/9/2023) di BBPMP Kampus Jayagiri, Bandung Barat.

Pada acara tersebut Ketua BAN PAUD PNF Prov. Jawa Barat, Nurul Fahimah memberikan penghargaan kepada PW HIMPAUDI Prov. Jawa Barat, yang diterima oleh Sekretaris Dewi Agustiana, sebagai “Organisasi Mitra Paling Kolaboratif Tahun 2023” pada tanggal 15 Desember 2023 di Fox Harris Hotel City Center Bandung.

Apresiasi yang diberikan BAN PAUD dan PNF ini merupakan kehormatan atas kinerja KUAT KOLABORASI pada butir ke-6 dan KUAT KELEMBAGAAN pada butir ke-9 dalam Arah Kebijakan 10 KUAT HIMPAUDI JABAR.

Biro Humas dan Kerjasama

HIMPAUDI JABAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.