Himpaudi Jabar Memilih Widiasih Sebagai Ketua Baru Periode Ke-5

Musyawarah Wilayah (MUSWIL) IV HIMPAUDI Provinsi Jawa Barat di Savoy Homan, Bandung (19-20/7/2023)

Ketua baru periode ke-5 HIMPAUDI JABAR diputuskan kepada Widiasih Yogasara sesuai hasil Musyawarah Wilayah (Muswil) Ke-IV PW HIMPAUDI Provinsi Jawa Barat di Hotel Savoy Homann Bandung, 19-20 Juli 2023.

Estafeta Pengurus Wilayah Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (PW HIMPAUDI) Provinsi Jawa Barat pertama kali dipimpin selama 2 periode oleh presenter TVRI era 80-an, Anna Anggraeni masa bakti tahun 2005-2009 dan 2009-2015. Kepengurusan dilanjutkan selama 2 periode berikutnya oleh Rudiyanto, dosen PG-PAUD Universitas Pendidikan Indonesia dalam periode ke-3 dan ke-4.

Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Wilayah HIMPAUDI Provinsi Jawa Barat Masa Bakti 2019-2023 oleh Rudiyanto (19/7/2023)

Selama kepemimpinan Rudiyanto dari tahun 2015 sampai 2023, merupakan era HIMPAUDI JABAR ā€œBergerak Meraih Asaā€ dalam  perjuangan dan keberdayaan. Yaitu Perjuangan Kompetensi SDM PAUD, Perjuangan Kesetaraan Profesi GURU PAUD, dan Perjuangan Kesejahteraan PTK PAUD di Jawa Barat. Keberdayaan Organisasi HIMPAUDI JABAR, Keberdayaan Publisitas, dan Keberdayaan Aset Intelektual HIMPAUDI JABAR.

Dari era Rudiyanto beberapa kelembagaan dilahirkan PW HIMPAUDI Provinsi Jawa Barat yaitu koperasi, yayasan, unit pelaksana teknis organisasi, lembaga diklat, dan majelis talim.

Dalam sambutan Ketua Umum Pengurus Pusat HIMPUSI, Betti Nuraini, menyebut visi HIMPAUDI adalah menjadi organisasi profesiĀ  yang bermutu dalam mewujudkan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Ā Indonesia yang profesionalĀ  pada tahun 2027.

Sesuai tema MUSWIL IV, ā€œKepemimpinan Transformatif untuk HIMPAUDI Kuat, Mendukung Jawa Barat Juara Lahir Batinā€ Popo Betti sapaan akrabnya, menerangkan dua pilar kepemimpinan HIMPAUDI yaitu kepemimpinan transformatif dan kepemimpinan kolektif kolegial.

Ketua PW HIMPAUDI Provinsi Jawa Barat terpilih, Widiasih Yogasara untuk masa bakti 2023-2027 (20/7/2023)

Dua pilar kepemimpinan tersebut menjadi persyaratan menghadapi ancaman dan peluang. Sampai sekarang pekerjaan mulia guru PAUD non-formal tidak dianggap oleh pemerintah sebagai sebuah profesi sehingga tidak bisa mendapatkan Sertifikasi Profesi seperti guru PAUD formal (TK/RA). Sedangkan HIMPAUDI merupakan organisasi profesi yang memiliki solidaritas dan komitmen yang kuat hingga akar rumput dalam memperjuangkan dan meningkatkan mutu serta kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan dengan telah dibentuknya 100% Pengurus Wilayah (PW) tingkat provinsi, 93 % dan Pengurus Daerah (PD) tingkat Kabupaten/Kota, 73,5%.

Widiasih Yogasara yang aktif dikepengurusan sebagai ketua PD HIMPAUDI Kabupaten Bandung, wakil ketua Bidang Organisasi PW HIMPAUDI Provinsi Jawa Barat dan Sekretaris PP HIMPAUDI dalam MUSWIL ke-IV di Hotel Savoy Homann Bandung terpilih menjadi ketua PW HIMPAUDI Provinsi Jawa Barat periode ke-5 masa bakti 2023-2027.

Dua hari sebelumnya (17/07), PW HIMPAUDI Provinsi Jawa Barat bersama Bunda PAUD Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil meresmikan Graha Bakti Himpaudi sebagai sentra unggulan dan inovasi kependidikan anak usia dini. #ARS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.